Manajemen SDM

Layanan yang kami berikan bertujuan merevitalisasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang Anda miliki. Termasuk meningkatkan potensi organisasi perusahaan/lembaga Anda agar dapat mencapai tingkat produktivitas dengan kualitas terbaik. Kami siap bekerja sama dengan tim internal Anda sebagai agen perubahan untuk mencapai tujuan tersebut.
  1. Job Description
    Job description adalah suatu indikator penting dalam proses performance appraisal. Job description juga mempunyai arti sebagai pernyataan tertulis tentang tugas, kondisi kerja dan berbagai aspek yang berhubungan dengan suatu jabatan dalam pekerjaan tertentu. Atau penjelasan tentang suatu jabatan, tugas-tugasnya, tanggung jawabnya, wewenangnya dan sebagainya.

  2. Job Analysis
    Job Analysis (Analisis Jabatan) adalah aktivitas atau proses untuk meneliti, memisah-misahkan dengan suatu metode tertentu, menghubung-hubungkan dalam suatu keseluruhan, setiap komponen pekerjaan untuk menetapkan pekerjaan dan tugas guna mencapai tujuan tertentu. Karena itu maka analisis jabatan ini akan menyelidiki segala kenyataan pekerjaan dan segala hal yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan itu dengan memperhatikan kesanggupan setiap komponen tersebut.

    Data yang menjadi bahan masalah dalam analisis jabatan itu antara lain meliputi jumlah dan jenis kemampuan atau ketrampilan setiap pekerjaan yang diperlukan, perlengkapan yang dipergunakan, metode-metode, materi yang diolah dan tingkat konsentrasi yang diperlukan. Dengan cara itu maka ruang lingkup pekerjaan dan tugas menjadi lebih jelas, identitas pekerjaan akan menjadi pasti dan tetap dan memudahkan hubungan antara nama pekerjaan dengan isi pekerjaan yang sebenarnya. Analisis jabatan ini pada umumnya dianggap sebagai kegiatan manajemen personalia.

  3. Job Evaluation
    Job Evaluation adalah proses menganalisis dan menilai suatu jabatan secara sistematik untuk mengetahui nilai relatif bobot berbagai jabatan dalam suatu organisasi. Hasil akhir dari proses job evaluation adalah job weight (bobot jabatan/pekerjaan).

    Tujuan Job Evaluation:
    1. Memperjelas dalam penentuan hubungan internal antar jabatan.
    2. Perencanaan sumber daya manusia.
    3. Seleksi karyawan.
    4. Pelatihan dan pengembangan SDM.
    5. Menghasilkan konsistensi sistem kompensasi internal dan eksternal dan pedoman remunerasi yang adil dan tepat.
    6. Dasar yang adil untuk promosi, mutai dan demosi.
    7. Peninjauan dan restrukturisasi organisasi.

  4. Compensation System
    Compensation System adalah sistem yang mampu menjamin kepuasan para anggota organisasi yang pada gilirannya memungkinkan organisasi memperoleh, memelihara dan mempekerjakan sejumlah orang yang dengan berbagai sikap dan perilaku positif bekerja dengan produkti bagi kepentingan organisasi.

  5. Training & Development
    Setelah para kandidat diseleksi dan ditempatkan bagian Recruitment, selanjutnya mereka harus dikembangkan menjadi karyawan yang kompeten dan siap berkarya. Proses ini mencakup Training dan Development. Training adalah proses pemberian ilmu pengetahuan (teknis dan non teknis) kepada karyawan agar dapat bekerja sesuai dengan tuntutan pekerjaannya saat ini. Development (Pengembangan) adalah proses pemberian ilmu pengetahuan (teknis dan non teknis) kepada karyawan agar dapat berkembang sesuai dengan tuntutan pekerjaannya di masa yang akan datang.

    Jadi Training ditujukan untuk kebutuhan saat ini, sedangkan Development untuk masa depan si karyawan. Hal ini harus ada dan diperhatikan dengan baik karena karyawan yang sudah direkrut dengan baik dan dengan kompetensi yang unggul dalam waktu singkat akan menjadi tidak kompeten bila perlakuannya tidak baik.

    Tujuan akhir Training dan Development adalah membentuk karyawan yang berkarakter, kompeten dan siap untuk menghadapi perubahan kapan pun dan dimana pun.

  6. Performance Management
    Tugas atasan dan bagian HR selanjutnya, setelah menjadikan karyawan siap bekerja & kompeten adalah memberinya tugas dan tanggung jawab sesuai posisi kerjanya. Bagian ini disebut Performance Management atau Manajemen Kinerja.

    Secara definisi, Performance Management adalah suatu pendekatan sistematik untuk meningkatkan kinerja individu atau tim dalam mencapai tujuan / target organisasi.

    Tujuan akhir Performance Management adalah mendapatkan kinerja terbaik karyawan dan organisasi untuk mencapai Profit dan Pertumbuhan sambil mengembangkan kompetensi karyawan dalam menghadapi tugas-tugas menantang.

  7. Competencies At Work
    Competence at Work adalah karakter dasar yang perlu melekat pada diri seorang karyawan yang membuatnya menjadi manusia yang kompeten dan senatiasa mempertahankan kemampuannya.

    Kompetensi itu ada 5, yaitu:
    1. Motives atau motivasi mengapa orang itu melakukan pekerjannya. Diantaranya adalah motif untuk memperoleh pengahasilan atau meraih jabatan.
    2. Traits yaitu konsistensi orang itu untuk merespon setiap situasi. Traits adalah ciri atau sifat seseorang yakni saat dia selalu memberikan respon.
    3. Self-concept adalah sikap (attitude), nilai-nilai (values dan pribadi mengenai sikap perilaku, persepsi diri dan system nilai yaitu bagaimana orang memandang dirinya dan menghargai dirinya dalam lingkungan pekerjaan.
    4. Knowledge yaitu apa yabg diketahui oleh seseorang, yakni pengetahuan tentang berbagai hal di bidang tugasnya. Banyaknya penghetahuan ini menunjukan luasnya wawasan orang tersebut.
    5. Skills yaitu ktrampilan. What he can do. Dia bias melakukan apa. Membuat pembukuan, menulis berita, membuat sepatu atau menggergaji, mengelas, menolong ibu melahirkan, mengemudikan kapal san sebagainya.

    Kelima karakter dasar itu dikelompokan ke dalam 2 kategori, hard skills dan soft skills. Yang dimaksud dengan hard skills adalah 'kompetensi' dalam arti sempit. Ketika orang melihat kompetensi dalam arti sempit maka ia hanya berbicara mengenai knowledge (pengetahuan) dan skills (keterampilan). Sedang apabila memasukan motives, sifat, sikap, nilai dan keyakinan, inilah soft skills yang dipengaruhi oleh lingkungan kerja, peralatan kerja, sistem kerja dan sebagainya. Aspek hard skills diperlukan seseorng untuk menjawab tentang pekerjaan, sedang aspek soft skills diperlukan untuk mejawab tentang interaksi sosial dalam suatu lingkungan kerja. Ini yang harus dimiliki oleh setiap karyawan dalam berbagai profesi, jabatan dan pekerjaan.

  8. Career Planning
    Career Planning atau Perencanaan Karir adalah suatu proses dimana seorang karyawan mengidentifikasikan tujuan dari perjalanan karirnya di perusahaan dan menentukan cara-cara dan strategi yang harus dilakukannya untuk mencapai tujuan tersebut. Pada Career Planning ini karyawan mengukur minat dan kemampuannya, memperhatikan beberapa pilihan karir, menentukan tujuan karirnya, dan merencanakan program pengembangan yang diperlukan. Di sini kami siap membantu Perencanaan Karir karyawan-karyawan perusahaan Anda.

  9. Manpower Planning
    Manpower Planning (MPP) atau Perencanaan Tenaga Kerja adalah proses identifikasi dan evaluasi untuk pemenuhan kebutuhan tenaga kerja yang akan mengisi jabatan dalam sebuah organisasi perusahaan. Kegiatan dalam MPP ini merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari organisasi atau perusahaan untuk menjalankan fungsinya dalam mewujudkan visi, misi, dan tujuan yang telah dirumuskan. Oleh karena itu, MPP merupakan salah satu fungsi yang menjadi prioritas setiap bagian di dalam organisasi untuk memenuhi kebutuhan terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan menjalankan fungsi-fungsi lainnya di dalam organisasi. Di sini Anda perlu pengetahuan dan pengalaman kami dalam melakukan Manpower Planning ini.

  10. Recruitment System
    Kami dapat membantu Anda menyiapkan sistem rekruitmen untuk karyawan baru di perusahaan Anda. Kami memiliki di samping alat tes standar seperti psikotes, TPA dan lainnya, kami memiliki alat tes yang mendapat hak cipta yakni Spider Plot. Dengan alat tes ini akan lebih mudah dan tepat menemukan kandidat yang tepat sebagai karyawan perusahaan Anda.


Foto Terbaru
  • Proses Interview Assessment Calon Anggota KPU dan Bawaslu

  • Proses Leaderles Group Discussion (LGD) Assessment Calon Anggota KPU dan Bawaslu

  • Calon Anggota KPU dan Bawaslu melakukan Tes Online

  • Syukuran Terakreditasi SNI ISO/IEC 17024:2012 & Gathering Quantum Expert Associate

  • Syukuran Terakreditasi SNI ISO/IEC 17024:2012 & Gathering Quantum Expert Associate

Kontak Kami

Jl.Sidosermo 1/10, Surabaya 60239

(031) 8436700, 8411037
(031) 8474935
support@quantum-hrm.com
http://www.quantum-hrm.com

 
Coba Gratis Tes Online
Silakan daftarkan Anda sekarang untuk mencoba aplikasi Tes Online! Bisa digunakan untuk rekrutmen karyawan baru atau seleksi karyawan.
Kontak ke 031-843 6700 atau email ke support@quantum-hrm.com.
 
 
Status Pengunjung
Jumlah pengunjung sampai saat ini:
130325
IP Anda adalah:
54.90.92.204