Competency Standard And Dictionary

Saat memasuki dunia kerja seorang calon karyawan seringkali diharapkan memiliki kompetensi tertentu atas jabatan kerja yang dimasukinya. Hal ini menjadi acuan bagi perusahaan untuk tahu kemampuan kerjanya sebagai calon karyawan. Melalui kompetensi yang dimiliki, perusahaan akan mengetahui posisi apa yang cocok dan tepat untuknya. Memang belum menjadi acuan baku bahwa kompetensi menjadi hal penting dimiliki bagi seorang karyawan, tetapi sebagai seorang karyawan perlu mengetahui kompetensi seperti apa yang diinginkan perusahaan/lembaga.

Apakah kompetensi kerja itu?

Kompetensi dapat diartikan sebagai karakter individu yang dapat diukur dan ditentukan untuk menunjukkan perilaku dan performa kerja tertentu pada diri seseorang. Jadi, kompetensi merupakan panduan bagi perusahaan untuk menunjukkan fungsi kerja yang tepat bagi seorang karyawan. Kompetensi berkaitan dengan sikap (apa yang dikatakan dan dilakukan seseorang) yang menunjukkan performa seseorang baik atau buruk.

Kenapa kompetensi kerja diperlukan?

Pada dunia kerja, kompetensi dibutuhkan untuk mengetahui tipe pekerjaan seperti apa yang tepat bagi seorang karyawan. Apabila kompetensi atas diri seorang karyawan telah diketahui maka perusahaan pun mampu membantu mengembangkan karyawan tersebut melalui training atau pelatihan tertentu. Selain itu, kompetensi yang dimiliki seorang karyawan mampu menjadi petunjuk bagi perusahaan untuk mengetahui sejauh mana ia mampu menampilkan diri dan memberikan hasil kerja optimal untuk perusahaan.

Sejauh mana kompetensi kerja dapat dikembangkan?

Kompetensi membantu perusahaan mendeskripsikan bagaimana kinerja seseorang. Hal ini berkaitan dengan pengetahuan, keahlian, dan kemampuan kerja seseorang atas bidang kerja tertentu. Kompetensi merepresentasikan dimensi kerja yang penting bagi diri seseorang. Dari kompetensi yang tampak inilah perusahaan jadi lebih mengetahui bagaimana seorang bertanggung jawab, menyelesaikan masalah, dan mentransfer informasi kepada orang lain terkait tugas yang diinstruksikan oleh atasannya. Intinya, kompetensi digunakan untuk merencanakan, membantu, dan mengembangkan perilaku dan kinerja seseorang. Tidak hanya itu, melalui kompetensi kerja seorang karyawanlah perusahaan dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan pekerjanya.

Apakah perusahaan punya standar kompetensi atas karyawannya?

Setiap perusahaan memiliki kriteria kompetensi tertentu yang diharapkan dari para karyawannya. Bahkan banyak perusahaan telah menyusun standar kompetensi atas setiap posisi yang ada di perusahaannya. Perusahaan akan memetakan kompetensi dalam bentuk perilaku terkait tugas, kemampuan, dan tanggung jawab untuk mengetahui kematangan bersikap serta berpikir seorang karyawan.

Darimana perusahaan tahu kompetensi pekerjanya?

Kami, PT Quantum HRM Internasional, memiliki database semua kompetensi kerja yang ada. Kami bisa membantu membuat standar kompetensi untuk sebuah pekerjaan. Kami juga bisa membantu mengases karyawan untuk menilai kompetensinya, apakah sudah mencapai standar kompetensinya atau belum.

Foto Terbaru
  • Proses Interview Assessment Calon Anggota KPU dan Bawaslu

  • Proses Leaderles Group Discussion (LGD) Assessment Calon Anggota KPU dan Bawaslu

  • Calon Anggota KPU dan Bawaslu melakukan Tes Online

  • Syukuran Terakreditasi SNI ISO/IEC 17024:2012 & Gathering Quantum Expert Associate

  • Syukuran Terakreditasi SNI ISO/IEC 17024:2012 & Gathering Quantum Expert Associate

Kontak Kami

Jl.Sidosermo 1/10, Surabaya 60239

(031) 8436700, 8411037
(031) 8474935
support@quantum-hrm.com
http://www.quantum-hrm.com

 
Coba Gratis Tes Online
Silakan daftarkan Anda sekarang untuk mencoba aplikasi Tes Online! Bisa digunakan untuk rekrutmen karyawan baru atau seleksi karyawan.
Kontak ke 031-843 6700 atau email ke support@quantum-hrm.com.
 
 
Status Pengunjung
Jumlah pengunjung sampai saat ini:
130325
IP Anda adalah:
54.90.92.204